Kamis, 12 September 2013

PENTINGNYA MINAT DALAM KEGIATAN BELAJAR

18APR
Minat adalah kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa kegiatan. Kegiatan yang diminati tersebut diperhatikan terus menerus yang disertai dengan rasa senang. Rasa senang dan rasa ketertarikan pada kegiatan tersebut tanpa ada yang menyuruh. Minat pada dasarnya adalah penerimaan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu atau kegiatan di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut maka semakin besar minatnya.
Dalam kehidupan sehari – hari, minat sering disamakan dengan perhatian, tetapi sebenarnya antara minat dan perhatian mempunyai pengertian yang berbeda. Perhatian itu sifatnya sementara ( tidak dalam waktu lama ) dan belum tentu diikuti rasa senang. Sedangkan minat selalu diikuti dengan perasaan senang dan dari situ diperoleh kepuasan.
Suatu minat dapat diekspresikan melalui suatu pernyataan yang menunjukkan bahwa seorang siswa lebih menunjukkan  / meyukai satu hal dari pada hal yang lain. Dapat juga dimanifestasikan melalui partisipasinya dalam suatu aktivitas. Siswa yang mempunyai minat pada obyek tertentu cenderung untuk memberi perhatian yang lebih besar terhadap obyektersebut.
Minat besar pengaruhnya terhadap belajar,karena bila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, siswa tidak akan belajar dengan sebaik – baiknya, karena tidak ada daya tarik baginya. Siswa enggan / ogah – ogahan untukbelajar, dan tidak memperoleh kepuasan dari pelajaran tersebut. Bahan pelajaran yang menarik minat siswa, akan lebih mudah dipelajari dan disimpan.
Mengembangkan minat siswa terhadap suatu pelajaran pada dasarnya adalah membantu siswa melihat bagaimana hubungan anatar materi yang dipelajari dengan dirinya sendiri. Proses ini berarti menunjukkan pada siswa bagaimana pengetahuan atau kecakapan mempengaruhi dirinya, melayani tujuan – tujuannya dan memuaskan kebutuhan – kebutuhannya. Siswa perlu menyadari bahwa belajar merupakan suatu sarana  untuk mencapai tujuan yang penting, dan siswa perlu memahami bahwa hasil dari pengelaman belajarnya akan membawa perubahan dan kemajuan pada dirinya.
Keberhasilan dalam belajar tidak lepas dari adanya minat. Dengan adanya minat akan membuat konsentrasi lebih mudah dilakukan sehingga metari yang dipelajari akan mudah dipahami. Dilihat dari asalnya, minat bisa datang dari dalam diri sendiri dan dari luar dirinya. Minat yang timbul dari dalam diri muncul berdasarkan bakat / potensi yang dimiliki. Dengan kata lain seseorang yang mempunyai bakat tertentu, maka minatnya akan menyesuaikan. Minat yang datang dari luar dirinya, muncul karena adanya pengaruh dari lingkungan di sekitarnya, bisa dari teman pergaulan,keluarga, dank arena kebutuhan.
Jika terdapat siswa yang kurang berminat untuk belajar,dapatlah diusahakan agar siswa mempunyai minat yang lebih besar dengan beberapa cara antara lain:
  1. Menjelaskan hal – hal yang menarik dan berguna bagi kehidupan melalui kegiatan belajar.
  2. Menumbuhkan rasa senang dalam belajar. Belajar adalah kebutuhan.
  3. Menghubungkan antara kegiatan belajar dengan pencapaian cita-cita serta dengan bahan pelajaran yang dipelajari.
  4. Buku catatan dibuat yang rapi,lengkap dan menarik dapat juga diberihiasan seperlunya, untuk menumbuhkan rasa senang dan tidak bosan.
  5. Tempat belajar ditata yang rapi,bersih, dan indah,sehingga krasan saat belajar.
  6. Menjalin hubungan yang harmonis dengan guru, orang tua dan teman..
Minat belajar yang tinggi akan memudahkan siswa dalam pencapaian tujuan belajar. Ciri siswa yang mempunyai minat belajar yang tinggi dapat dilihat dari usaha yang dilakukannya dalam kegiatan belajarnya,misalnya:
a.    Mempunyai catatan yang lengkap
b.    Selalu mengerjakantugas yang diberikan guru dengan senang hati.
c.    Menaruh perhatian yang besar pada kegiatan belajar.
d.    Selalu mempunyai waktu untuk belajar.
e.    Mau bertanya manakala kurang jelas
f.     Tidak mudah terganggu ketika belajar
g.    Mudah berkonsentrasi pada waktu belajar.
h.    Rajin mencari sumber belajar baik dari buku, guru,teman maupunmedia belajar yang lain.
i.      Prestasi belajar akan lebih baik  ( Lewi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar